Rabu, 29 Desember 2010

"DAILY LEARNING"

Pada tanggal 27 Oktober 2010 mahasiswa jurusan PAI semester 7 melaksanakan kunjungan ke Radar Malang yang bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang kejurnalistikan. Meskipun Radar Malang merupakan cabang dari jawa pos Surabaya, di Radar Malang mempunyai selera sendiri dalam penyajian berita.
Banyak pengetahuan yang diperoleh disana, dalam pembuatan berita tidaklah mudah karena harus melewati proses yang panjang, terdapat beberapa proses yang harus dikerjakan dalam pembuatan berita, pada proses pencarian berita ini para wartawan bertugas untuk mencari berita, setiap wartawan bertugas mencari berita minimal empat berita sesuai dengan tugas/bidang yang ditentukan kemudian mereka menyusun berita tersebut dalam sebuah tulisan/karangan, berita-berita itu disetorkan dan diedit dirapatkan bersama dengan para petugas lainnya kemudian di layout.
Dalam layout, berita dipilih dan dipilah perhalaman kemudian dipilah dan dipilih lagi mana yang akan dijadikan berita halaman pertama atau biasa disebut dengan istilah HL (head Line). Adapun beberapa pengurus Radar Malang yang mempunyai tugas dan tanggungjawab sesuai dengan jabatannya diantaranya:
Pimpinan redaksi
Pimpinan redaksi ini bertanggung jawab penuh atas semua penyajian berita dan penerbitan Koran.
Wartawan
Wartawan bertugas mencari berita, dari pagi hingga sore jam empat mereka memburu berita, ada bagian yang mencari berita tentang Kriminal, ada yang mencari berita tentang Olahraga, ada yang mencari berita tentang politik, pendidikan, dll.
Setiap wartawan memiliki kode etik diantaranya:
1. Wajib melindungi narasumber yang tidak mau diketahui nama atau identitasnya oleh publik.
2. Wajib menerima hak tolak
3. Wajib melindungi anak-anak dibawah umur (18 tahun - ke bawah)
4. Tidak boleh menulis dengan tidak berimbang
5. Wartawan tidak boleh plagiat berita.
Layout
Pada Bagian layout ini bertugas menyeleksi tampilan berita dalam Koran mana yang bisa dijadikan berita di halam pertama dan selanjutnya.
Proses Layout:
Dari Wawancara yang diperoleh dari wartawan kemudian dibuat berita sementara, kemudian diedit menjadi berita jadi, setelah selesai pengeditan kemudian hasil berita diberikan ke Layuot di layout diseleksi lagi..
Desain Grafis
Pada Bagian Desain Grafis ini petugasnya bertugas mendesain gambar-gambar dan foto yang akan disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar