Rabu, 29 Desember 2010

LINTAS AGAMA


Jum’at, 24 desember 2010 Padepokan Dammadipa Arama salah satu Vihara yang terdapat di BATU Malang ramai dikunjungi segerombolan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN MALIKI Malang, mereka bukan mau berdemo melainkan ingin mengetahui tentang Ajaran, kitab suci, sejarah dan persepsi para Bikhu/Samanera mengenai fenomena-fenomena Konflik antar umat beragama.
Mahasiswa disambut baik oleh para Bikhu/Samanera, mereka diajak berkeliling Vihara serta diperkenankan untuk bertanya-tanya dan berfoto, Mahasiswa berkeliling secara berkelompok dan setiap kelompok didampingi oleh satu samanera, samanera merupakan julukan bagi para mahasiswa STAB (Sekolah Tinggi Agama Budha) yang tinggal di padepokan atau biasa kita sebut dengan asrama.
Selain itu juga, para mahasiswa berkumpul bersama di Aula dan shering bersama dengan beberapa orang Budhis, mereka membahas tentang kesamaan dari agama budha dengan agama-agama lain, salah satu Banthe disana menjelaskan bahwa Semua Agama intinya sama, yaitu sama-sama mengajarkan kebaikan.
Tanggapan samanera tentang konflik agama yang sering terjadi di berbagai negara sebenarnya muncul dari adanya kesalah pahaman dan salah tafsir. Akan tetapi pada inti akan sama, yaitu sama-sama menjadi orang yang baik. Solusi untuk memecahkan semua konflik yang ada yaitu dengan membangun kerukunan antar umat beragama melalui toleransi dan saling menghormati. Para samanera boleh berteman dengan orang lain atau orang yang beragama lain akan tetapi harus tetap masih dalam hal-hal yang positif saja. Kehidupan mereka dilingkungan masyarakat tetap bersosialisasi seperti biasa dan tetap menjaga kerukunan dan tetap baik dengan masyarakat sekitar, tanpa membeda-bedakan. Antara yang satu dengan yang lainnya.
Hal ini membuktikan bahwa kita sebagai umat beragama harus menghargai Pluralisme, keragaman dari berbagai agama dan ajaran, dengan saling menghargai dan menghormati umat beragama lain dalam hal ibadah dan saling toleransi dalam hal sosial masyarakat, karena manusia merupakan makhluk sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar